Museum Vietnam

Museum pertama yang kami kunjungi adalah musium Etnologi Viet Nam. Bangunan dua lantai yang dibangun atas bantuan pemerintah perancis. Isi dalamnya lebih kepada pengenalan berbagai etnik yang ada di Viet Nam, khususnya suku-suku yang masih tinggal di pegunungan.
Salah satu suku memiliki teknik menenun dimana serat dari tumbuhan yang akan ditenun terlebih dahulu di beri pewarna dengan cara mencelup. Dan bagian serat yang tidak mau diberi warna, diikat dengan kuat agar bahan pewarna tidak masuk. Dalam poster yang menjelaskan metode ini, jelas-jelas disebut bahwa teknik ini disebut teknik “ikat”, persis seperti yang dilakukan masyarakat didaerah nusatenggara.
Musium berikutnya adalah Viet Nam Fine Art Museum, yang mengkoleksi contoh-contoh lukisan pelukis vietnam dari berbagai era. Tampak sekali perubahan tema ketika tahun-tahun komunis mulai memimpin Viet Nam, dimana penuh gambaran yang revolusioner; buruh, tentara, produksi.
Terakhir, kami mengunjungi Temple of literature. Ini juga satu obyek yang pada saat komunis baru berkuasa, dianggap kontra revolusi.

Comments