Hanoi

Hanoi punya julukan kota danau karena memang banyak danau di kota ini. Tapi gue punya julukan lain, yaitu kota klakson. Saking banyaknya yang bunyiin klakson, gue bingung motor atau mobil mana yang bunyiin. Sayang aja, kota yang adem dan rindang sedikit diganggu oleh banyaknya sepeda motor dan klakson. Hanya saja setelah dua hari berada di Hanoi, gue bisa suka akan kotanya. Walaupun Bangkok adalah kota paling favorit versi gue hehehe.

Berada dua hari tiga malam di Hanoi sangatlah cukup, hanya tiga hari empat malam akan lebih baik lagi. Hari pertama bisa untuk tour keliling kota, hari kedua khusus pergi ke Ha Long Bay, yang jaraknya 180 km dari Hanoi dan memakan waktu 3.5 jam.

Mausoleum Ho Chi Minh
Pagi hari, setelah makan pho bo (pho sapi) datanglah ke Mausoleum Ho Chi Minh. Usahakan datang selain hari Senin, karena Senin tutup. Kenapa mesti pagi banget? Untuk menghindari antrian yang super panjang, walaupun padat merayap.

Temple of Literature.
Sehabis dari Mausoleum, berjalan ke arah Pho akan dijumpai Temple of Literature, merupakan bekas Universitas yang didirikan pada tahun 1070.




Cha Ca La Vong
Saatnya makan siang dan anda ke Cha Ca La Vong. Cha Ca adalah makanan tradisional Vietnam berupa sayuran yang ditumis (kita sendiri) dengan potongan daging ikan, trus dimakan dengan mie beras khas Vietnam. Cara menyajikannya seru luar biasa dan bisa jadi pengalaman yang menarik. Cha Ca La Vong terletak di kawasan Old Quarter Area



Menelusuri Old Quarter Area.
Kebetulan hotel gue ada di daerah ini. Kawasan superpadat dengan bagunan bergaya kolonial dengan jalanan kecil padat. Pagi hari kelaparan? Jangan khawatir karena Pho Bo banyak dijual.


Hoan Kiem Lake
Ngopi-ngopi santai di tepi danau Hoan Kim Lake sungguh juara. Adem, angin sepoi-sepoi, kopi Vietnam panas. Mmmm….Sehabis ngopi-ngopi bisa lanjut nonton Talong Water Puppet Show.


French Quarter Area
Daerah ini dekat sekali dengan kawasan Old Quarter. Naik cyclo 1 jam untuk mengelilinginya bisa dilakukan. Apa saja yang bisa dijadikan objek foto? Tentunya Hanoi Opera House dan bisa lanjut ke Hanoi Catherdal.



Sub-laman (1): Mengunjungi Hochiminh
Comments